Kesalahan Persepsi pada Iklan Axis (Ganteng Dikit Cekrek)

 



Persepsi adalah suatu proses penilaian atau tanggapan terhadap suatu stimulus atau rangsangan oleh suatu individu melalui indera yang diserap sehingga individu dapat memahami dan mengerti dengan stimulus yang diterimanya tersebut.Persepsi juga merupakan proses aktivitas seseorang dalam memberi kesan, menilai, merasakan, dan mengimpretasikan sesuatu berdasarkan informasi. Namun, dalam persepsi juga sering terjadi kesalahan.


klan Axis versi ganteng dikit cekrek ini diperankan oleh siswa SMA dengan latar belakang masyarakat kalangan menengah kebawah lainnya seperti anak perempuan, tukang ojek, pedagang kaki lima dan laki-laki bertubuh kekar. Iklan ini berdurasi 30 detik. Tarif menelpon, SMS dan internet saat ini memang semakin meningkat, oleh karena itu Axis meluncurkan program gaya hidup irit yaitu “Iritology” dimana masyarakat pengguna telepon tetap dapat menggunakan fasilitas layanan telpon, SMS dan internet tanpa harus khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Salah satu paket promo Iritology Axis yaitu paket BRONET 1 GB hanya dengan Rp. 14.900,- kita bisa upload 5000 kali foto, 300 kali download lagu dan 1000.000 kali chat.

keseluruhan iklan Axis versi ganteng dikit cekrek disini menggambarkan sekelompok masyarakat dari kalangan menengah kebawah yang sangat mencintai dirinya sendiri dengan segala keterbatasan yang mereka miliki yang diapresiasikan melalui mengambil foto sendiri atau bisa disebut selfie dan juga mengambil foto bersama atau bisa disebut wefie, dan kemudian menguploadnya ke media sosial Line sebagai bentuk kepuasan diri yang telah dicapai dan untuk mendapat pengakuan dari sesama pengguna media sosial Line atas eksistensinya.

Dan dalam iklan ini menampakkan gaya hidup masyarakat kalangan menengah kebawah, tetapi bukan berarti produsen Axis hanya memfasilitasi masyarakat kalangan menengah kebawah saja yang bisa menggunakan produk ini, melainkan masyarakat kalangan menengah atas juga bisa menggunakan produk ini dan apresiasi tersebut tampak pada harga yang diberikan. Hanya dengan Rp. 14.900,- dan kuota 1 GB masyarakat dapat eksis di media sosial dengan mengupload foto-foto narsisnya sebanyak mungkin, chat sesering mungkin setiap harinya, dan juga mendownload lagu sebanyak-banyaknya dalam jangka waktu 30 hari.

narsis dalam iklan Axis Versi Ganteng Dikit direpresentasikan melalui pelajar SMA yang mengambil foto sendiri atau dalam istilah modern adalah selfie berulang kali untuk meraih tingkat kepuasan diri dalam aktualisasi lingkungannya. Sehingga seorang yang narsis meluangkan banyak waktu diantara kesibukannya untuk selfie lalu mengaploadnya ke akun media sosialnya yang secara tidak langsung meminta pengakuan publik atas eksistensinya. 

Comments

Popular posts from this blog

Potret Diri & Topeng-topeng Kehidupan (1961) - Affandi Koesoema